BAB 16 – Materi 11
Menggunakan teknik – teknik
promosi yang efektif
Promosi adalah usaha – usaha para pemasar untuk
memberi informasi dan mengingatkan orang – orang dalam pasar sasaran mengenai
produk – produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.
Bauran promosi adalah kombinasi dari alat – alat
promosi yang digunakan satu organisasi.
Komunikasi pemasaran
terpadu adalah satu
teknik yang mengkombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi
yang menyeluruh dan terpadu.
Langkah – langkah dalam Sebuah Kampanye Promosi :
§ Mengindentifikasi pasar sasaran
§ Menentukan tujuan – tujuan untuk
setiap unsur dalam bauran promosi
§ Menentukan suatu anggaran promosi
§ Mengembangkan satu pesan terpadu
§ Mengimplementasikan rencana
§ Evaluasi efektivitas
IKLAN : PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah komunikasi non – personal dengan bayaran
melalui berbagai media oleh organisasi – organisasi dan individu – individu
yang dengan satu cara terindetifikasi
di dalam pesan.
Penempatan produk adalah memasukkan produk –
produk dalam acara TV dan film yang
produk – produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi
untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori – kategori utamanya adalah
:
a)
Iklan
ritel
b)
Iklan
perdagangan
c)
Iklan
bisnis ke bisnis
d)
Iklan
institusi
e)
Iklan
produk
f)
Iklan
advokasi
g)
Iklan
komparatif
h)
Iklan
interaktif
i)
Iklan
online
Informesial
adalah Acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan
barang dan jasa.
Promosi Interaktif adalah proses promosi yang memungkinkan para pemasar untuk lebih dari
sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli
sesuatu, menjadi melakukan dialog dimana para penjual dan pembeli bekerja sama
untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.
Penjualan pribadi (personal selling) adalah
presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka.
Langkah – langkah dalam Proses
Penjualan
1) Prospek dan Kuaifikasi (Prospect and
Qualify)
Prospecting
Meneliti pembeli – pembeli potensial dan memilih siapa saja
yang paling mungkin membeli.
Memenuhi Kualifikasi
Dalam proses penjualan, memastikan bahwa orang – orang
memerlukan suatu produk, punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk
mendengarkan pesan penjualan.
Prospek
Seseorang yang mampu membeli sebuah produk, punya kewenangan
untuk membeli dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjualan.
2) Pra – pendekatan
3) Pendekatan
4) Melakukan presentasi
5) Menjawab keberatan
6) Menutup penjualan
Penutup percobaan
Satu langkah dalam proses penjualan yang terdiri atas sebuah
pertanyaan atau pernyataan yang menggerakkan proses penjualan menuju ke penutup
yang sebenarnya.
7) Tindak lanjut (Follow Up)
HUBUNGAN MASYARAKAT : MEMBANGUN
HUBUNGAN
Hubungan masyarakat (humas) adalah fungsi manajemen yang
mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan – kebijakan dan prosedur –
prosedur untuk merespon permintaan masyarakat dan melaksanakan sebuah program
yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan
penerimaan masyarakat.
Sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah :
1)
Mendengarkan masyarakat
2)
Mengubah kebijakan – kebijakan dan
prosedur – prosedur
3)
Menginformasikan masyarakat, bahwa
Anda merespons kebutuhan mereka.
PUBLISITAS : Ujung Tombak Hubungan
Masyarakat
Publisitas adalah Informasi apapun mengenai seseorang individu, produk,
atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak
dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual.
PROMOSI PENJUALAN : Mendapatkan
Penawaran yang Baik
Promosi (promotion)
penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan
minat diler melalui aktivitas – aktivitas jangka pendek.
Usaha - usaha promosi penjualan internal diantaranya (1) pelatihan
penjualan (2) pengembangan alat – alat bantu penjualan (3) partisipasi dalam
pameran – pameran dagang dimana tenaga penjual dapat memperoleh transaksi
potensial.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi
sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of Mouth (promosi mulut ke mulut ? ) adalah
suatu alat yang melibatkan orang – orang dengan membantu memberi tahu orang –
orang lainnya mengenai produk – produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan
untuk menjelaskan apa saja, mulai dari cara membayar orang untuk mengatakan hal
– hal positif di Internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana
konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman – temannya ke situs Web
tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online
(Web Blog) yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah dibuat dan
diperbarui dengan cara posting text, foto – foto, atau link ke situs – situs
lainnya.
Podcasting adalah salah satu sarana untuk
mendistribusikan program – program audio dan video melalui Internet yang
membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan
istilah feeds, dan lalu memperdengarkan atau menonton bahan – bahan ini pada
waktu mereka pilih.
STRATEGI – STRATEGI PROMOSI
Push strategy adalah strategi produsen menggunakan
iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat – alat promosi lainnya
untuk meyakinkan perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan
menjual barang dagangan.
Pull strategy adalah strategi promosi dimana usaha
– usaha iklan dan promosi penjualan besar – besaran ditujukan pada konsumen,
sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.
Source :
o
Understanding
Business (Pengantar Bisnis),edisi 8 (terjemahan),
William G. Nickels, James M. McHugh, Susan M. McHugh, Penerbit Salemba Empat, 2009. Buku 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar