Selasa, 18 Desember 2012


BAB 16 – Materi 11
Menggunakan teknik – teknik promosi  yang efektif

Promosi adalah usaha – usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang – orang dalam pasar sasaran mengenai produk – produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.
Bauran promosi adalah kombinasi dari alat – alat promosi yang digunakan satu organisasi.
Komunikasi pemasaran terpadu adalah satu teknik yang mengkombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Langkah – langkah dalam Sebuah Kampanye Promosi :
§  Mengindentifikasi pasar sasaran
§  Menentukan tujuan – tujuan untuk setiap unsur dalam bauran promosi
§  Menentukan suatu anggaran promosi
§  Mengembangkan satu pesan terpadu
§  Mengimplementasikan rencana
§  Evaluasi efektivitas

IKLAN : PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah  komunikasi non – personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi – organisasi dan individu – individu yang dengan satu cara terindetifikasi di dalam pesan.
Penempatan produk adalah memasukkan produk – produk  dalam acara TV dan film yang produk – produk tersebut akan dilihat.
Berbagai jenis iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar yang berbeda. Kategori – kategori utamanya adalah :
a)      Iklan ritel
b)      Iklan perdagangan
c)      Iklan bisnis ke bisnis
d)      Iklan institusi
e)      Iklan produk
f)       Iklan advokasi
g)      Iklan komparatif
h)      Iklan interaktif
i)        Iklan online
Informesial adalah Acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang dan jasa.
Promosi Interaktif adalah proses promosi yang memungkinkan para pemasar untuk lebih dari sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadi melakukan dialog dimana para penjual dan pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan.
Penjualan pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka.
Langkah – langkah dalam Proses Penjualan
1)      Prospek dan Kuaifikasi (Prospect and Qualify)
Prospecting
Meneliti pembeli – pembeli potensial dan memilih siapa saja yang paling mungkin membeli.
Memenuhi Kualifikasi
Dalam proses penjualan, memastikan bahwa orang – orang memerlukan suatu produk, punya kewenangan untuk membeli, dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjualan.
Prospek
Seseorang yang mampu membeli sebuah produk, punya kewenangan untuk membeli dan kesediaan untuk mendengarkan pesan penjualan.
2)      Pra – pendekatan
3)      Pendekatan
4)      Melakukan presentasi
5)      Menjawab keberatan
6)      Menutup penjualan
Penutup percobaan
Satu langkah dalam proses penjualan yang terdiri atas sebuah pertanyaan atau pernyataan yang menggerakkan proses penjualan menuju ke penutup yang sebenarnya.
7)      Tindak lanjut (Follow Up)

HUBUNGAN MASYARAKAT : MEMBANGUN HUBUNGAN
           
Hubungan masyarakat (humas) adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan – kebijakan dan prosedur – prosedur untuk merespon permintaan masyarakat dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat.
Sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah :
1)      Mendengarkan masyarakat
2)      Mengubah kebijakan – kebijakan dan prosedur – prosedur
3)      Menginformasikan masyarakat, bahwa Anda merespons kebutuhan mereka.

PUBLISITAS : Ujung Tombak Hubungan Masyarakat
Publisitas adalah Informasi apapun mengenai seseorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual.

PROMOSI PENJUALAN : Mendapatkan Penawaran yang Baik

Promosi (promotion) penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas – aktivitas jangka pendek.
Usaha - usaha promosi penjualan internal diantaranya (1) pelatihan penjualan (2) pengembangan alat – alat bantu penjualan (3) partisipasi dalam pameran – pameran dagang dimana tenaga penjual dapat memperoleh transaksi potensial.
Sampling adalah suatu alat promosi bagi sebuah perusahaan memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis.
Word of Mouth (promosi mulut ke mulut ? ) adalah suatu alat yang melibatkan orang – orang dengan membantu memberi tahu orang – orang lainnya mengenai produk – produk yang mereka beli.
Viral marketing adalah istilah yang kini digunakan untuk menjelaskan apa saja, mulai dari cara membayar orang untuk mengatakan hal – hal positif di Internet hingga membuat rencana penjualan bertingkat dimana konsumen memperoleh komisi untuk mengarahkan teman – temannya ke situs Web tertentu.
Blog adalah sebuah buku harian online (Web Blog) yang terlihat seperti halaman situs, tetapi lebih mudah dibuat dan diperbarui dengan cara posting text, foto – foto, atau link ke situs – situs lainnya.
Podcasting adalah salah satu sarana untuk mendistribusikan program – program audio dan video melalui Internet yang membebaskan para pengguna berlangganan sejumlah file, atau dikenal dengan istilah feeds, dan lalu memperdengarkan atau menonton bahan – bahan ini pada waktu mereka pilih.

STRATEGI – STRATEGI PROMOSI
Push strategy adalah strategi produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat – alat promosi lainnya untuk meyakinkan perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan.
Pull strategy adalah strategi promosi dimana usaha – usaha iklan dan promosi penjualan besar – besaran ditujukan pada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel.




Source :
o   Understanding Business (Pengantar Bisnis),edisi 8 (terjemahan), William G. Nickels, James M. McHugh, Susan M. McHugh,  Penerbit Salemba Empat, 2009. Buku 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar