Begitu banyak perubahan yang diperkenalkan dengan begitu cepat, terkadang dengan terlalu cepat karena disebabkanoleh lingkungan bisnis yang berubah - ubah termasuk persainganyang semakin globaldan perubahan teknologi yang begitu cepat. Hal yang sama pentingnya dalam dunia bisnis adalah perubahan dalam harapan para pelanggan. Pertumbuhan bisnis menyebabkan apa yang disebut ekonomi skala (situasi dimana perusahaan dapat megurangi biaya produksi apabila mereka dapat membeli bahan mentah dalam jumlah besar, biaya rata - rata barang menurun ketika tingkat produksi meningkat).
Ekonomi skala adalah situasi dimana perusahaan dapat mengurangi biaya produksi apabila mereka dapat memebeli sendiri bahan mentah dalam jumlah besar ; biaya rata - rata barang menurun ketika tingkat produksi meningkat.
Prinsip - prinsip Organisasi Fayol ;
- Kesatuan perintah
- Hierarki otoritas
- Divisi Tenaga Kerja
- Subordinasi kepentingan individual dengan kepentingan umum
- Otoritas
- Tingkat sentralisasi
- Saluran komunikasi yang jelas
- Tata tertib
- Keadilan
- Espit de corps
Prinsip - prinsip organisasi Max Weber ;
- Deskripsi pekerjaan
- Peraturan tertulis, garis pedoman keputusan, dan catatan yang mendetail
- Prosedur, peraturan, dan kebijaksanaan yang konsisten
- Promosi dan susunan kepegawaian yang didasarkan pada kualifikasi.
Hirarki adalah sistem yang menempatkan satu orang berada di puncak organisasi dan ada susunan yang bertingkat atau berurutan dari atas ke bawah menuju para manajer dan orang lain yang bertanggung jawab kepada orang itu.
Rantai Komando adalah garis otoritas yang bergerak dari atas hierarki menuju tingkat terendah.
Birokrasi adalah organisasi yang memiliki banyak lapisan manajer yang menentukan peraturan dan mengawasi semua keputusan.
Sentralisasi Versus Desantralisasi Otoritas
Otoritas yang tersentralisasi adalah sebuah struktur organisasi yang mempertahankan otoritas pengambilan keputusan ditingkat manajemen puncak di markas besar perusahaan.
Otoritas yang terdesentralisasi adalah sebuah struktur organisasi yang mendelegasikan otoritas pengambilan keputusan kepada para manajer yang tingkat lebih rendah yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang manajemen markas besar.
Struktur Organisasi yang Tinggi versus Datar
Struktur organisasi yang tinggi adalah stuktur organisasi dimna bagan organisasi piramida akan sangat tinggi dikarenakan berbagai tingkat manajemen.
Struktur Organisasi yang datar adalah strutur organisasi yang memiliki sedikit lapisan manajemen dan rentang kendali yang luas.
MODEL - MODEL ORGANISASI
- Organisasi Jalur (line organization) adalah organisasi yang memiliki jalur dua arah langsung untuk tanggung jawab, otoritas, dan komunikasi yang berjalan dari atas ke bawah organisasi, dengan semua orang melapor hanya pada satu supervisor.
- Organisasi Jalur dan Staf adalah ( personel jalur adalah para karyawan yang merupakan bagian dari rantai komando yang bertanggungjawab untuk mencapai tujuan organisasional; personel staf adalah para karyawan yang menasehati dan membantu personel jalur dalam mencapai tujuan mereka.
BERADAPTASI TERHADAP PERUBAHAN
Restrukturisasi untuk Pemberdayaan
Restrukturisasi adalah mendesain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih efektif dan efisien melayani pelanggannya.
Berfokus pada pelanggan
Menciptakan Kultur Organisasional yang beriontasi pada perubahan
Organisasi Informal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar