Senin, 03 Desember 2012

BAB 7 - Manajemen, Kepemimpinan dan Pemberdayaan Karyawan



Pebisnis sedang tertantang untuk bersikap lebih etis dan membuat praktik akuntansi mereka lebih terlihat oleh investor dan masyarakat umum. Mengelola perubahan adalah elemen keberhasilan yang penting, terutama dalam hal penekanan pada kecepatan dalam pasar global dewasa ini. Dalam perusahaan, pekerja berpengetahuan menuntut gaya manajerial yang memungkinkan adanya kebebasan, dan angkatan kerja menjadi semakin beragam, berpendidikan, dan dapat memerintah diri.

Manajer memberikan arahan kepada organisasi mereka, memberi kepemimpinan, dan memutuskan bagaimana menggunakan sumber-sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan.

Manajer sedang dididik untuk membimbing, melatih, mendukung, dan mengajar karyawan alih-alih mengatakan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan. Sebelum karyawan dapat diberdayakan, mereka harus menerima pelatihan dan pengembangan ekstensif.
Manajemen adalah proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian orang dan sumber-sumber daya organisasional lainnya.

Empat fungsi utama dari manajemen, yaitu :
·         Perencanaan
Fungsi manajemen yang meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional.
·         Pengorganisasian
Meliputi perancangan struktur organisasi dan penciptaan kondisi dan sistem di mana setiap orang dan setiap hal bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi
·         Kepemimpinan
Menciptakan visi untuk organisasi dan mengomunikasikannya, membimbing, melatih, dan memotivasi orang lain untuk bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
·         Pengendalian
Fungsi manajemen yang melibatkan penetapan standar yang jelas untuk menentukan apakah sebuah organisasi mengalami kemajuan terhadap tujuan dan sasarannya, memberi ganjaran kepada orang-orang untuk melakukan pekerjaan yang baik, dan mengambil tindakan korektif jika tidak.

Tiga tingkatan manajemen dalam hierarki korporat :
1.      Manajemen puncak (tingkat tertinggi yang terdiri atas president dan eksekutif perusahaan penting lainnya yang mengembangkan rencana strategis).
2.      Manajemen menengah (general manajer, manajer divisi, dan manajer pabrik bertanggung jawab untuk perencanaan taktis dan pengendalian).
3.      Manajemen penyelia ( manajer lini pertama atau penyelia yang mengevaluasi kinerja harian pekerja).
Manajer harus memiliki tiga kategori keterampilan :
1.      Keterampilan teknis
2.      Keterampilan hubungan manusia
3.      Keterampilan konseptual

Perbedaan antara manajer dan pemimpin, seorang manajer merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan fungsi dalam organisasi. Sedangkan seorang pemimpin mempunyai visi dan menginspirasi orang lain untuk memahami visi tersebut, menetapkan nilai-nilai korporat, menekankan etika korporat, dan tidak takut terhadap perubahan.
Pemberdayaan berarti memberikan karyawan otoritas dan tanggung jawab untuk merespon dengan cepat terhadap permintaan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar