Selasa, 18 Desember 2012

MATERI 12 – BAB 17


Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi

Akuntansi adalah pencatatan, pegklasifikasian, peringkasan, dan penginterpretasian segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasi kepada manajemen dan pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan.
AREA AKUNTANSI
Akuntansi Manajerial (managerial accounting) digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para manajer didalam organisasi untuk membantu membuat keputusan.
Certilified Management Accountant (CMA)
Seorang professional akuntan yang telah menempuh persyaratan edukasi dan pengalam tertentu, lulus kuaifikasi dibidang tersebut, dan telah disertivikasi oleh CMA.
Akuntansi Keuangan (financial accountant) suatu informasi dan analisis akuntansi yang ditujukan bagi pihak – pihak diluar organisasi – pemilik perusahaan, manajer, karyawan, kreditur pemberi pinjaman, serikat karyawan, pelanggan, pemasok, agen pemerintah, dan masyarakat umum.
Laporan Tahunan : suatu laporan setiap tahun mengenai kondisi keuangan, kinerja, dan harapan – harapan organisasi.
Akuntan Swasta (private accountant) adalah seorang akuntan yang bekerja untuk satu perusahaan, agen pemerintah atau suatu organisasi nirlaba tertentu.
Akuntan public (public accountant) adalah seorang akuntan yang menyediakan jasa akuntansi kepada individu atau bisnis atas dasar komisi.
Certilified Public Accountant (CPA)
Seorang akuntan yang telah lulus serangkaian ujian yang telah diselenggrakan oleh American Institude of Certilified Public Accountants.
Auditing adalah tugas meninjau dan mengevaluasi catatan yang digunakan untuk menyusun laporan keuangan suatu perusahaan.
Certilified Internal Auditor (CIA)
Seorang akuntan yang memiliki gelar sarjana dan dua tahun pengalaman di auditing internal, dan yang telah lulus ujian yang diselenggarakan oleh Institude of Internal Auditors.
Audit Independen adalah suatu evaluasi dan opini yang netral menegnai keakuratan laporan keuangan perusahaan.
Akuntan Pajak (tax accountant) adalah seorang akuntan yang diberikan pelatihan mengenai hukum pajak dan bertangggung jawab untuk mempersiapkan SPT pajak dan mengembangkan strategi pajak.
Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba
Sistem akuntansi bagi organisasi yang tidak beriorentasi laba tetapi melayani ratepayers, pembayaran pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

SIKLUS AKUNTANSI (prosedur enam langkah yang timbul dalam penyusunan dan analisis laporan keuangan utama.)
Pembukuan         Jurnal          Pembukuan Ganda        
Buku besar
Buku akuntansi khusus atau program computer yang berisi informasi dari jurnal akuntansi di akumulasikan kedalam kategori tertentu dan diposting, sehingga manajer dapat menemukan semua informasi mengeai satu akun ditempat yang sama.
Neraca Saldo
Sebuah ringkasan semua data didalam akun buku besar untk menunjukkan apakah angka – angka tersebut benar dan seimbang.
Pendapatan (revenue) nilai yang diterima untuk barang dan jasa yang disediakan, dan sumber keuangan lainnya.
Harga Pokok Penjualan (cost of goods sold or cost of goods manufactured) adalah pengukuran biaya persediaan terjual atau biaya bahan baku dan pasokan yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual kembali.


Source :

o   Understanding Business (Pengantar Bisnis),edisi 8 (terjemahan), William G. Nickels, James M. McHugh, Susan M. McHugh,  Penerbit Salemba Empat, 2009.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar